Hamil atau Hanya Telat Haid? Perhatikan Sisi Pembedanya Ini

Hamil atau Hanya Telat Haid? Perhatikan Sisi Pembedanya Ini

Benar positif hamil atau hanya telat haid saja? Tentu saja kehamilan adalah hal yang diharapkan, terutama bagi pasangan yang baru menikah. Umumnya, 1-2 minggu adalah berapa lama telat haid dinyatakan hamil. Agar tidak salah mengira, Anda harus memahami perbedaan tanda-tanda lainnya. Inilah aspek pembeda antara hamil atau hanya telat haid.

woman honding negative pregnancy test
  1. Nyeri Payudara

Terdapat banyak tanda yang dapat mengartikan Anda benar-benar hamil atau terlambat mengalami menstruasi karena suatu hal, termasuk stres. Anda bisa memulainya lewat tanda yang sering terjadi yaitu nyeri payudara. Nyeri ini memang dialami ketika seseorang sedang mengalami tanda awal kehamilan juga pada seseorang yang sedang mengalami tanda awal menstruasi.

Untuk membedakannya, perhatikan jangka waktunya. Jika nyeri payudara tersebut dialami secara terus menerus hingga 1-2 minggu, maka itu artinya Anda memang hamil. Lain halnya dengan nyeri payudara karena akan mengalami menstruasi yang umumnya hanya berlangsung selama 1-2 hari saja.

  1. Punggung Terasa Pegal

Rasa pegal juga menyerang bagian punggung ketika akan mengalami menstruasi ataupun pada masa kehamilan. akan tetapi, Anda tetap bisa membedakannya. Sakit punggung yang dialami ketika hamil akan terjadi di trimester kedua hingga tiga. Nyeri tersebut juga disebabkan karena beban janin yang semakin membesar.

Hal tersebut berbeda dengan sakit punggung yang terjadi karena telat haid. Rasa pegalnya akan terasa di masa awal menstruasi. Dengan demikian, jika Anda telat haid dan mengalami sakit punggung, maka itu hanyalah karena telat haid.

  1. Kram Perut

Aspek berikutnya adalah kram perut. Pada saat mengalami kram perut yang berlangsung lama hingga berhari-hari dan menjalar sampai ke pinggang dan punggung. Jika melihat frekuensinya, seberapa kuat sakitnya bisa berbeda-beda dari setiap wanita bergantung pada peningkatan hormonnya.

Jika mengalami kram perut karena kehamilan, maka sakitnya hanya sebentar tidak sampai berhari-hari karena disebabkan oleh implantasi embrio di dinding rahim. Rasa sakit akibat kram perut ini juga hanya terjadi di satu sisi saja seperti kulit yang dicubit. Itulah pembedanya. Kategori berapa lama telat haid dinyatakan hamil juga bisa menjadi pedoman yaitu telat selama 1-2 minggu.

  1. Timbulnya Rasa Lelah

Rasa lelah yang dialami juga bisa terjadi pada wanita yang akan menstruasi ataupun yang sedang berada di masa awal kehamilan. untuk membedakannya, perhatikan frekuensi rasa lelah tersebut. Pada wanita yang hamil muda, tentu saja tanda tersebut tidak akan terjadi karena umumnya dirasakan ketika usia kehamilan sudah menginjak trimester kedua hingga ketiga karena berat janin.

Berbeda dengan rasa lelah yang umumnya dialami karena seorang wanita sudah waktunya mengalami menstruasi. Jadi, jika Anda mengalami rasa lelah, itu pertanda telat haid dan tidak sedang hamil muda.

  1. Perubahan Mood

Mood juga bisa berubah karena berbagai faktor, termasuk perubahan hormon. Naik turunnya mood ini bisa terjadi kepada wanita yang sedang berada di masa awal kehamilan ataupun yang akan mengalami menstruasi. Kedua kasus tersebut bisa disertai dengan perubahan mood.

Semua itu terdapat perbedaannya untuk mengartikan bahwa benar sedang hamil muda atau memang hanya telat haid saja. Perubahan mood pada wanita hamil muda tentunya lebih lama dan berlangsung secara terus menerus. Lain halnya dengan wanita yang akan mengalami menstruasi atau telat haid bahwa perubahan mood bisa dialami hanya dalam beberapa masa saja.

Berbagai perubahan tersebut menjadi tanda-tanda lain yang bisa digunakan untuk mengartikan hanya telat haid ataukah benar hamil. Setiap tanda yang sama, tentu mempunyai frekuensi berbeda dan penyebab yang berbeda pula. Itulah yang bisa mengartikan semuanya. Anda bisa mulai memeriksanya dengan menghitung berapa lama telat haid dinyatakan hamil.

You may also like