Cara Mengusir Tikus dengan Memanfaatkan Bumbu Dapur

Paket Wisata Jogja

Berita Gaya Hidup,- Tikus memang bukan binatang yang berbahaya, namun hewan yang satu ini kerap membuat jengkel terutama yang ada di dalam rumah.

Bagaimana tidak membuat jengkel, hewan pengerat ini kerap maling makanan. Bukan hanya itu saja, dari beberapa kasus tidak sedikit tikus yang menggerogoti pintu dan lemari untuk jalan masuk, kabel atau merusak barang lainnya yang ada di dalam rumah.

Ground black pepper in wooden spoon and five dry dark beans on wooden counter top. Selactive focus, dark background, close up.

 

Jika dibiarkan begitu saja, tentu rumah menjadi tidak nyaman serta ditakutkan akan tersebar penyakit yang bersumber dari tikus. Anda harus mengusirnya dari dalam rumah.

Nah berikut ini cara mengusir tikus dari dalam rumah yang aman dan alami karena menggunakan bahan yang ada di dapur.

# Merica hitam

Cara mengusir tikus dari dalam rumah menggunakan bahan dapur yang pertama yaitu dengan merica hitam. Setelah menyiapkan bahannya, lalu taburkan di lokasi yang kerap dilewati pleh tikus.

Ternyata, hewan pengerat ini sangat tidak suka akan bau atau aroma serta rada pedas yang berasal dari merica. Jadi, cara pertama tidak ada salahnya Anda pakai, karena bumbu dapur yang satu ini tidak sulit didapat dan harganya tidak mahal.

# Daun sirih

Seperti penjelasan di atas, bahwa tikus sangat anti terhadap aroma yang menyengat. Nah, jika merica tidak ada Anda bisa menggunakan daun sirih, karena sama daun ini juga mengeluarkan aroma yang ditakuti oleh tikus.

Caranya, remas daun tersebut hingga layu, kemudian sebarkan ke sudut-sudut atau tempat yang sering dilewati tikus. Jangan sampai melewati setiap sudut ruangan atau tempat, karena jika Anda melewati maka tikus akan mencari jalan lain.

# Daun Salam

Daun salam bisa menjadi alternatif cara mengusir tikus dari dalam rumah. Bau daun salam yang menurut kita sangat wangi, tapi buat tikus malah bau tersebut menjadi ‘musuh’.

Caranya, potong daun salam menjadi beberapa bagian atau sampai tipis, kemudian simpan di lokasi atau setiap sudut ruangan baik di dapur atau kamar dan lainnya, yang sekiranya sering dilewati hewan menjengkelkan ini.

Apabila daun salam tersebut sudah mengering, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Jika ingin membunuh tikus, bisa dilakukan dengan menyamarkan bau daun salam yaitu menggunakan bau ikan asin. Caranya oleskan daun salam dengan ikan asin, lalu simpan di dapur. Jika tikus memakannya, maka setelah itu tikus tersebut bakalan mati.

# Bawang

Tikus ternyata anti terhadap bau yang menyengat. Seperti halnya durian, daun salam, sirih, dan merica, bawang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengusir tikus dari dalam rumah.

Tidak sulit membuatnya, cukup kupas bawang yang sudah Anda siapkan, lalu iris sampai menjadi beberapa bagian. Simpan irisan bawang tersebut di tempat atau jalan yang kerap tikus lewati.

Ketika tikus mencium aroma bawang, otomatis akan pergi atau tidak bakalan masuk ke dalam rumah. ***

 

 

You may also like