7 Hal yang Dilakukan Saat Trimester Kedua Kehamilan

7 Hal yang Dilakukan Saat Trimester Kedua Kehamilan

Ketika memasuki trimester kedua kehamilan, Anda akan merasa lebih nyaman dalam menjalani kehamilan Anda. Bahkan morning sickness sudah jarang terjadi. Lembaran baru dalam kehamilan ini bisa Anda manfaatkan untuk menyusun rencana ke depan hingga persalinan. Pada masa trimester ini berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Daftar ke Kelas Latihan Prenatal

Mendaftarkan diri ke kelas prenatal bisa membantu untuk memotivasi Anda untuk menaati setiap sesi olahraga Anda. Selain itu, kelas olahraga ini merupakan cara untuk menjalin silaturahmi dengan para ibu hamil lainnya. Secara tidak langsung Anda bisa berbagi pengalaman selama kehamilan. Hal positif lainnya yaitu saling memberikan dukungan.

  1. Pelajari Tes Kesehatan dan Kunjungan Dokter

Pada trimester kedua Anda bisa mengunjungi dokter kandungan empat minggu sekali. Anda bisa menjalani tes darah untuk mengetahui glukosa dan mengetahui risiko terhadap penyakit diabetes gestasional. Pastikan Anda siap untuk menjalani setiap tes dan skrining, sehingga Anda tahu hal yang dokter Anda lakukan. Selain itu, Anda dapat mengajukan pertanyaan ke dokter.

Pada trimester kedua, Anda bisa melihat janin melalui USG. Bahkan pada masa ini Anda sudah bisa melihat jenis kelamin bayi. Anda bisa mendiskusikan dulu dengan pasangan Anda dan putuskan apakah Anda ingin mengetahui jenis kelamin bayi Anda atau tidak.

  1. Rencanakan Cuti Hamil dan Melahirkan

Wanita yang bekerja dan sedang hamil berhak mendapatkan cuti selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan sesudah melahirkan. Sehingga total cuti yang diperoleh yaitu 3 bulan. Saat trimester kedua Anda harus sudah mulai merencanakan waktu yang akan diambil saat melahirkan.

  1. Jaga Pola Makan Sehat

Anda bisa membuat jurnal makanan untuk melacak makanan untuk membantu mengidentifikasi makanan yang bisa membuat gejala Anda semakin parah. Pada trimester kedua ini Anda harus mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengakomodasi bayi Anda bisa berkembang.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan minum 1,5 liter cairan tiap hari. Jika Anda bepergian sebaiknya membawa botol air sendiri sehingga lebih sehat. Selain itu, air bisa melancarkan transportasi nutrisi melalui darah ke bayi. Selain itu, air berfungsi mencegah infeksi cairan kemih dan retensi urin.

  1. Belanja Baju Hamil

Sebagian besar ibu hamil yaitu belanja baju 12-18 minggu. Baju hamil akan membuat Anda lebih nyaman dalam bergerak. Baju yang biasanya akan sempit dan membuat Anda sulit bernapas dan beraktivitas. Tidak ada salahnya belanja baju hamil selagi trimester belum memasuki akhir.

  1. Pergi ke Dokter Gigi

Wanita yang sedang hamil lebih rentan terhadap kerusakan gigi dan gusi. Sehingga tidak ada salahnya untuk periksa ke dokter gigi. Gusi Anda akan lebih berisiko berdarah dan berpeluang besar terinfeksi dan radang. Kebersihan gigi dan mulut yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

  1. Batasi Berhubungan Intim

Anda bisa melakukan hubungan intim meski sedang hamil. Namun, beberapa gaya bercinta justru dapat mengakibatkan keguguran. Sehingga Anda perlu membatasi gaya yang akan dilakukan selama kehamilan di trimester kedua ini.

Pada trimester kedua, kandungan sudah mulai matang dan mulai kuat. Selain itu, Anda lebih bisa mengatur aktivitas apa saja yang akan dilakukan. Hal-hal yang harus dilakukan oleh wanita hamil pada trimester kedua memang cukup banyak. Berbagai persiapan harus dilakukan sebelum masa persalinan datang.

You may also like