3 Metode Membuat Marmer Cake (Kue Marmer)

3 Metode Membuat Marmer Cake (Kue Marmer)

Marmer cake atau kue marmer biasa disebut juga sebagai kue marble adalah salah satu jenis kue bolu klasik yang di poles marmer sehingga memiliki motif seperti marmer. Kue marmer sangat nikmat ketika disajikan dengan secangkir kopi panas atau teh hangat di pagi ataupun sore hari. Walaupun termasuk kue klasik, namun kue marmer memiliki ciri khas yang membuatnya selalu ada di hati para penggemarnya.

Kue marmer adalah tipe kue yang dibuat dengan campuran mentega dan gula yang dikocok hingga menjadi creamy. Untuk mengembangkannya harus menggunakan soda kue atau baking powder. Perbandingan antara tepung terigu dan juga lemaknya sama, karena itulah disebut sebagai butter type cake. Untuk metode pembuatannya terdiri dari 3 macam:

  • Pound method

Pembuatan kue marmer dengan metode ini, caranya adalah dengan mencampur bahan-bahan kering seperti tepung, garam, baking powder dan juga gula. Lalu mengocok campuran tersebut dengan kecepatan rendah hingga rata. Selanjutnya menambahkan setengah campuran telur dan juga mentega, lalu dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata. Kemudian tinggal menambahkan sisa campuran telur perlahan-lahan.

  • All in one

Cara yang satu ini lebih sederhana, karena anda tinggal mencampur seluruh bahan secara bersama-sama dan dikocok hingga lembut. Biasanya cara ini digunakan pada skala besar seperti pada industri roti.

  • Sugar batter method

Sesuai dengan namanya, untuk membuat kue marmer dengan metode ini yang pertama dilakukan adalah dengan mengocok gula dan lemak alias mentega hingga lembut terlebih dahulu. Setelah itu baru menambahkan telur dan juga tepung. Dalam proses pencampuran tepung bisa dilakukan dengan 2 cara yang berbeda, pertama adalah dengan memasukkan telur satu per satu dan yang kedua adalah memasukkan putih dan kuning telur sendiri-sendiri.

Untuk mendapatkan motif marmer pada kue marmer, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Namun yang paling mudah adalah dengan menuang adonan putih terlebih dahulu baru menimpanya dengan adonan coklat. Untuk mendapatkan motif marmer, anda bisa menggunakan lidi atau garpu.

You may also like